Rabu, 02 November 2016

KEGIATAN PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN TIK






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Guruan            : SD ...
Kelas/Semester           : IV / 1(satu)
Tema                           : 4. Berbagai Pekerjaan
Subtema                      : 2. Pekerjaan di Sekitarku
PB                              : 1
Alokasi Waktu            : 6 X 35 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.   Setelah membaca cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menilai cerita tentang sosok pekerja dengan detail.
2.     Setelah membaca cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menjelaskan  alasan dari penilaian cerita secara lisan dan tulisan dengan detail.
3.  Setelah mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat  menangkap ikan, siswa mampu mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.
4.  Setelah berdiskusi tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu mengembangkan laporan tentang pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi keberadaan sumber daya alam dengan benar.
5.  Setelah mengamati gambar keterkaitan antara jenis pekerjaan, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi dengan rinci.
6.   Setelah berdiskusi tentang jenis pekerjaan, siswa mampu menuliskan contoh pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi secara lengkap.

B.     Model, Pendekatan, dan Metode
·         Model              :  Cooperative Learning
· Pendekatan    : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengomunikasikan)
·         Metode            : Diskusi, tanya jawab, pengamatan dan penugasan
  
C.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran yang Diintegrasikan TIK

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Model Pembelajaran Kooperatif
Fase 1 (Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)
-     Guru memberi salam
-     Siswa berdoa dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk.
-     Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dari siswa dan melakukan presensi.
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, menekankan pentingnya topik, dan memotivasi siswa belajar.
Dengan menanya pada siswa mengapa orang harus bekerja? Dan apa manfaat yang diperoleh dari pekerjaan itu?
Fase 2 (Menyajikan informasi)
-     Guru menyajikan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau melalui bahan bacaan. Dengan melalui gambar dan teks bacaan yang ada di buku siswa.


15 menit



Kegiatan Inti
Kegiatan I
Fase 3 (Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar)
-          Guru membagi siwa menjadi beberapa kelompok belajar, kemudian menjelaskan tata cara dalam berkelompok.
-          Guru menayangkan gambar seorang perawat melalui layar monitor dengan bantuan computer/laptop dan LCD dan meminta pada siswa untuk mengamati tayangan gambar tersebut.
-          Diskusikan dengan siswa pekerjaan perawat (tempat, tugas, manfaat bagi orang lain) Mintalah siswa untuk menjawab dan mendiskusikannya.
-          Guru meminta siswa untuk menulis hasil diskusi ke dalam Microsoft Office Power Point.
-          Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan menayangkan Power Point di layar monitor.
Kegiatan II
-          Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan belajar tentang jenis pekerjaan yang berbeda yaitu kepala sekolah dan nelayan. Melalui teks cerita sosok pekerja “Pak Welly, Kepala Sekolah” dan “Ayahku Seorang Nelayan”.
-     Melalui teks cerita sosok pekerja “Pak Welly, Kepala Sekolah” siswa diminta untuk membaca teks tersebut dalam hati.
-     Dalam kelompok siswa kemudian membahas jawaban dari beberapa pertanyaan di bawah teks bacaan.
-     Guru meminta kelompok untuk mengetik jawaban ke dalam Microsoft Office Word
-     Setiap kelompok mengirimkan jawaban yang di ketik di Microsoft Office Word melalui mailing secara online.
Fase 4 (Membimbing kelompok bekerja dan belajar)
-     Guru membimbing jalannya diskusi, berjalan keliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Fase 5 (Evaluasi)
-          Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi dikesempatan lain.
-          Kemudian mintalah mereka untuk menuliskan pendapat tentang cerita yang dibacanya. Tulisan harus memuat alasan suka/tidak suka, fakta pendukung. Dan mengomunikasikan pendapatnya di depan kelas secara individu.
-          Guru menyampaikan rubrik penilaian yang ditamppilkan di layar LCD agar mereka dapat melihat dan memahami apa yang akan dinilai, yaitu pemahaman teks bacaan dalam buku siswa.
-          Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan.
Fase 2 (Menyajikan informasi)
-          Melalui teks cerita sosok pekerja “Ayahku Seorang Nelayan” Untuk menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajak siswa untuk membaca teks dan mengamati gambar.
-          Siswa diajak berdiskusi tentang pekerjaan nelayan yang menggunakan teknologi modern dan teknologi ramah lingkungan dengan membandingkan keduanya.


-          Dalam berdiskusi siswa menggunakan diagram venn untuk menuliskan informasi. Guru mengingatkan cara pemanfaatan diagram tersebut.


-          Diagram venn dinilai dengan menggunakann cek lis
Fase 6 (memberikan penghargaan)
-          Guru memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan dan juga nilai yang sesuai dengan kegiatan.

Kegiatan III
Fase 2 (Menyajikan informasi)
-          Guru meminta pada siswa tentang mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat  menangkap ikan.
Fase 3 (Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar)
-          Siswa mendiskusikannya dalam kelompok belajar yang telah dibentuk guru serta mengumpulkan informasi tentang hal tersebut dengan cara searching melalui internet.



-          Siswa diajak berdiskusi tentang pekerjaan nelayan yang menggunakan teknologi modern dan teknologi ramah lingkungan dengan membandingkan keduanya.
-          Siswa kemudian melanjutkan kegiatan dengan menjawab beberapa pertanyaan dan membuat laporan tentang ide-ide cara menangkap ikan yang tidak merusak sumber daya alam.

Kegiatan IV
Fase 3 (Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar)
-          Guru melanjutkan pembelajaran dengan meminta siswa untuk mengamati gambar yang ditampilkan di layar LCD dan mendiskusikan dalam kelompok belajar tentang hal berikut :
·         Jenis kegiatan ekonomi.
·         Jenis barang yang dijualbelikan.
·         Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut.
·         Hasil dari setiap pekerjaan.
Fase 4 (Membimbing kelompok bekerja dan belajar)
-          Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikannya dan memberikan penguatan.

-          Guru meminta siswa untuk membuat hasil diskusi berupa Power Point, dan mempresentasikannya di depan kelas.
-          Siswa mampu mengomunikasikan laporan hasil pekerjaan di depan kelas dengan menampilkan Power Point yang telah dibuat
-          Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) pada siswa dengan mengerjakan tugas berikutnya secara individu.
-          Siswa menulis laporan tentang pekerjaan yang ada di sekitar mereka dengan bahasan berikut:
- Jenis kegiatan ekonomi.
- Lapangan pekerjaan.
- Hasil dari setiap pekerjaan.
- Penyebaran barang.
-  Guru meminta siswa untuk menuliskan hasil Laporan dalam bentuk ketikan yang dibentuk di Microsoft office Word.
- Guru menginstruksikan siswa untuk mengirimkan tugas tersebut melalui email.


180 menit













Penutup
Fase 5 (Evaluasi)
-          Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan:
·         Apa saja yang kamu pelajari hari ini?
·         Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?
·         Bagian mana yang belum kamu pahami?
·         Apa rencanamu agar kamu lebih paham?
·         Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Fase 6 (memberikan penghargaan)
-          Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini. Serta memberikan semangat pada siswa untuk tetap semangat belajar.
-       Meminta seorang siswa memimpin doa. Siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua. Guru juga mengingatkan siswa untuk tetap belajar.
15 menit










Tidak ada komentar:

Posting Komentar